fact about Cat

Readers, mungkin selama ini kalian belum mengetahui dibalik wajahnya yang imut lucu dan sifatnya yang manja , kucing juga punya fakta-fakta yang bisa bikin kalian makin sayang loh sama hewan yang satu ini. Penasaran? sebelum gue share fakta-fakta itu gue mau share dulu nih foto kucing gue yang pualing imut hehe..chek this out..







Hm, jangan pada terhipnotis dulu dengan kecantikan kucing gue..haha

nih dia fakta-fakta tentang kucing yang barusan gue bahas diatas..

Para peneliti mengatakan bahwa kucing membantu mengurangi kecemasan melawan penyakit, mengusir kesepian dan depresi, meningkatkan interaksi sosial dan bahkan dapat memperpanjang umur. Pecinta kucing akan mengatakan kepada anda bahwa kucing itu adalah hewan yang manis, tenang, bersih, mandiri, senang bermain, penuh kasih sayang dan cerdik. Walaupun kucing dahulu di anggap hewan yang senang menyendiri dan antisosial, penelitian menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi kawan yang penuh kasih, setia dan dipercaya. 

  Kucing Membuat Kita Tenang

Anda ingin menjadi lebih tenang? Apakah anda merasa kehidupan anda tidak dapat anda kendalikan lagi? Apakah anda sering merasa tegang? Gelisah? Cemas? Takut? Jika anda menjawab “ya”, seekor kucing yang tenang mungkin dapat membantu anda dalam menghadapi tekanan dalam hidup. Stress adalah musuh yang paling buruk. Bukan hanya kecemasan yang dapat menghabiskan energi tubuh anda, ia juga dapat menimbulkan penyakit.
Mengetahui dan mempelajari bagaimana menghadapi tekanan dalam hidup adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa. Kegiatan yang dapat menhilangkan stress antara lain istirahat, relaksasi dan mencintai seekor kucing. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memelihara kucing ingin mendapatkan relaksasi yang di berikan oleh kucing. Dan tidak mengejutkan, kucing dapat membantu anda mencapainya, setidaknya selama 10-20 menit 2 kali dalam tiap hari nya dapat melindungi anda dari kecemasan yang berbahaya.

  Melawan Penyakit Jantung

Kucing bukan hanya mengurangi stress. Mereka juga menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Penelitian menunjukkan bahwa pemelihara kucing lebih jarang sakit dibandingkan mereka yang tidak memelihara hewan peliharaan. Mereka juga jarang menggunakan obat untuk gangguan jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.
Penelitian lain juga membuktikan adanya hubungan antara hewan peliharaan dan faktor resiko yang lebih rendah untuk penyakit jantung. Pemilik hewan peliharaan lebih cepat sembuh dari penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak memelihara hewan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa tanpa memandang kondisi jantung dan kesehatannya, orang yang tidak memiliki ikatan sosial yang kuat lebih meninggal pada usia yang muda dibandingkan orang yang mendapatkan dukungan sosial.

  Meningkatkan Sistem Kekebalan

Kucing bukan hanya membantu kita sembuh dari penyakit, tetapi juga menjaga agar kita tetap sehat. Orang yang memelihara hewan peliharaan lebih jarang ke dokter dibandingkan mereka yang tidak. Para peneliti menunjukkan bahwa dukungan sosial (dari manusia maupun hewan) dapat menimbulkan pengaruh yang sangat besar terhadap kerentanan atau ketahanan kita terhadap penyakit yang mengganggu sistem kekebalan tubuh seperti infeksi virus dan kanker.
Menurut para ahli kedokteran dan dokter hewan, kucing merupakan pelawan stress yang hebat. Meluangkan waktu bersama seekor kucing terbukti merupakan suatu bentuk relaksasi fisiologi dan tindakan pencegahan. Singkatnya, memelihara kucing dapat mencegah kecemasan dan membantu mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan stres.

  Merawat Orang Sakit dan Lanjut Usia

Kehadiran kucing menjadikan panti-panti perawatan (untuk orang tua lanjut usia dan penyakit kronis) terasa seperti di lingkungan sendiri, dan keluarga maupun kerabat yang datang berkunjung akan mempercepat penyembuhan. Kucing tampaknya meningkatkan semangat pasien dan staf. Kekuatan penyembuhan dari seekor kucing dapat sangat hebat, sehingga masuk akal untuk menghadirkan kucing bagi orang sakit maupun lanjut usia di rumah sakit maupun di rumah.
Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan mengurangi stress, meningkatkan relaksasi, meningkatkan semangat, dan menurunkan kesepian pada pasien-pasien. Kucing merupakan pengusir kesepian pada orang tua lanjut usia. Hewan peliharaan tampaknya mengurangi kesepian yang di alami oleh isolasi sosial, dan juga walaupun dalam keadaan sehat dan sakit, kucingnya akan selalu menemani dirinya.

  Menghilangkan Kesepian

Kucing dapat mengusir perasaan kesepian yang melanda anda yang hidup sendirian atau yang memiliki sahabat manusia. Bukti ilmiah mengaitkan kesepian dengan isolasi dengan risiko penyakit yang lebih tinggi dan harapan hidup yang lebih pendek. Hubungan antara kucing dan manusia, seperti hubungan antara manusia dan manusia, tampaknya menghilangkan efek buruk dari kesepian.
Menurut People & Pet Survey yang di lakukan di Australia tahn 1994, memelihara seekor kucing dapat menghilangkan kesepian. Inilah beberapa hasil penemuan mereka :
  • 58% subjek mengatakan bahwa mereka bersahabat dengan memelihara hewan.
  • 79% mengatakan mereka merasa tenang bersama hewan peliharaan mereka saat situasi sedang buruk.
  • 91% mengatakan mereka merasa dekat dengan hewan peliharaan mereka.
Kebanyakan dari pemilik hewan peliharaan sering mengobrol dengan peliharaannya. Mengobrol dengan kucing anda bukan saja membuat perasaan menjadi tenang, tetapi juga perbuatan yang sehat. Hal itu akan menjadi penyaluran beban bagi jiwa anda.
Para ahli hewan yakin bahwa berbicara dengan kucing adalah suatu bentuk interaksi sosial. Hal ini kadang lebih menenangkan dibandingkan percakapan dengan manusia. Kita berbicara dengan hewan peliharaan dengan banyak cara seperti orang tua berbicara dengan bayinya. Dan ekpresi wajah dan suara yang digunakan ketika berbicara itulah yang menghasilkan ketenangan.

  Tetap Bahagia dan Aktif

Kita tahu bahwa sahabat kucing penuh dengan kasih sayang dan memberi kita kasih sayang, tetapi penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat memasang senyum di wajah kita dan langkah ringan pada perjalanan kita. Pemilik kucing lebih sering memiliki pandangan hidup yang positif dan juga lebih aktif karena lebih banyak bergerak bersama kucingnya. Kucing dapat membuat orang tetap aktif, walaupun faktanya bahwa mereka terkenal sebagai makhluk kecil yang tidak membutuhkan pemeliharaan.
   Membantu Anak yang Mengalami Kesulitan

Sebagian besar anak mengalami suatu masalah emosional pada saat ia sedang tumbuh. Seekor kucing dapat menjadi pelindung bagi kepedihan yang dialami dalam peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Mungkin penerimaan tanpa syarat yang di berikan oleh kucing itu yang merupakan hal penting bagi kesehatan anak itu.
Penelitian menunjukkan begitu pentingnya hewan peliharaan bagi perkembangan sosial dan emosi anak. Kekuatan penyembuhan kucing dapat membantu anak yang sedang mengalami masalah melalui banyak cara, misalnya :
  • Melunakkan kecendrungan agresif.
  • Membangun kepercayaan dasar.
  • Memberikan stabilitas emosional.
  • Mengajar tanggung jawab
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
Kucing memahami perasaan majikannya terutama melalui bahasa tubuh. Kucing memberikan pengaruh yang menenangkan selama bertahun-tahun pada remaja yang penuh dengan perubahan. Mereka dapat menimbulkan suatu pengaruh positif bagi kesehatan remaja, terutama jika tidak mendapatkan dukungan keluarga.

  Membuka Komunikasi

Penelitian menunjukkan bahwa sahabat hewan berfungsi sebagai pemecah es di dalam hubungan sosial. Mereka memberikan fokus yang netral untuk percakapan dan interaksi di antara manusia. Dengan kata lain kucing memungkinkan kita berhubungan lebih dekat satu sama lain.
Penelitian lain menunjukkan dengan memelihara hewan peliharaan, pada saat ada tamu bisa menjadikan komunikasi jauh lebih mudah dan membantu menciptakan suasana yang bersahabat. Pasangan yang memelihara kucing memiliki kedekatan dan kepuasan yang lebih besar dalam perkawinannya, lebih sering berinterakasi satu sama lain, dan memiliki tingkat stress yang lebih rendah dibandingkan pasangan yang tidak memiliki hewan peliharaan, dan juga dapat membawa menjaga perdamaian dalam suatu rumah.

  Seekor Sahabat Sejati

Kucing adalah makhluk yang stabil. Mereka menyukai rutinitas, cinta, damai dan membenci perubahan. Berbeda dengan manusia, walaupun seekor kucing mengalami hari yang buruk, hal itu tidak mempengaruhi hubungannya dengan anda.
Kucing adalah makhluk rumah yang tenang, mereka tidak rumit. Kucing adalah sahabat kita. Kita memeliharanya karena mereka tertarik dengan apa yang kita lakukan. Kita perlu merasa bahwa persahabatan kita itu di hargai. Kucing dapat melakukannya dengan menunjukkan keinginan berada bersama kita.
Dari beberapa penelitian menunjukkan, bahwa para responden mengandalkan hewan peliharaan untuk kasih sayang dalam keluarga mereka. Hal ini tidak mengejutkan bagi pemilik kucing. Beberapa perilaku kucing yang menunjukkan adanya kasih sayang dan ekspresi cinta :
  • Dengkuran kucing.
  • Kucing yang menggosokkan tubuhnya di kaki anda.
  • Kucing yang menggosokkan wajahnya di kulit anda.
  • Kucing yang membawakan hadiah untuk anda seperti katak mati, tikus, ular, burung, dan lain-lain.

  Memperpanjang Umur

Dukungan manusia dan dukungan yang bukan dari manusia sangat penting bagi kelangsungan hidup. Penelitian menunjukkan betapa kuatnya ikatan suportif dari manusia atau hewan dalam melawan penyakit dan memperpanjang hidup. Sedangkan isolasi dan kesepian dikaitkan dengan umur yang lebih pendek. Orang yang berumur cukup panjang pastilah tahu bagaimana rasanya di butuhkan dan bagaimana mempertahankan perasaan itu.
Petunjuk untuk merawat kucing :
Untuk memperkuat ikatan antara kucing dan manusia, dan meningkatkan kekuatan penyembuhan kucing anda, berikut ini adalah beberapa petunjuknya :
  • Kucing membutuhkan makanan segar agar tetap sehat dan gembira. Berilah kucing makanan mentah atau yang dimasak ringan sekali-sekali.
  • Kucing membutuhkan makanan yang teratur dan bermain. Meyakinkannya setiap hari bahwa anda menyayanginya adalah kebahagiaan bagi mereka.
  • Buatlah rumah bagi kucing anda, letakkan di sudut rumah yang tenang. Di tempat yang tenang dan damai, kucing akan berhubungan dengan alamnya sendiri.
  • Hati mentah satu kali setiap minggu merupakan hadiah yang sangat besar bagi kucing.
  • Biarkan kucing anda keluar rumah secara teratur
Judul Buku : Kucing dan Penyembuhan Penyakit
Penulis : Dr. Widjaja Kusuma
Penerbit : Interaksara
Tahun Terbit : 2000
(Dikutip dari http://yaminobu.byethost17.com/?p=833)

Hm, senang kan kalau punya kucing?
Hehehe.
Ok, sampai jumpa di posting-an selanjutnya!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 comments:

Gadis Aisya said...

huhu suka kucing ya? ;3 aku juga haha
template kamu lucu tauuu >.< mihi

Post a Comment

what's your opinion?